Laman

Selasa, 04 April 2017

UTS

Pandangan para remaja terhadap game


          Alasan para remaja dalam menggunakan game sangat bermacam-macam. Sesuai dengan pandangan masing-masing. Di zaman sekarang banyak sekali remaja yang menggunakan game, entah itu game online ataupun ofline. Game adalah salah satu media yang berkembang pesat pada dua dasawarsa saat ini, mengalahkan film keluaran Hollywood sekalipun. Game juga dijadikan sebagai alternatif yang di gunakan remaja untuk mengobati setres dan kepenatan. Selain itu, beberapa remaja menggunakan game untuk mengasah IQ mereka. Jika kita melihat di berbagai sudut jalan, mall dan game center, kita akan mengakui fenomena game atau permainan video elektronik ( video games ). Puluhan remaja bermain dengan seriusnya di depan monitor. 

          Setelah saya memperhatikan penggunaan game pada remaja, dengan cara meminjam telepon genggam mereka, ternyata memang benar. Kebanyakan dari mereka menggunakan game. Bahkan beberapa remaja memiliki lebih dari tiga aplikasi game. Game di satu sisi adalah gempuran teknologi, Dari sisi komersial game dapat menjadi ujung tombak penetrasi sebuah kebudayaan, sebuah pemikiran dan sebagai bentuk "way of life".
          
          Hasil wawancara saya kepada beberapa remaja tepat nya seorang mahasiswa dari salah satu universitas swasta ternama di Malang. Ia berpendapat bahwa menggunakan game adalah suatu hal yang sangat menyanangkan. Karena dengan menggunakan game dapat menyegarkan otak dan sangat berguna untuk menghilangkan setres maupun kepenatan. Namun ada beberepa juga dari remaja yang tingak suka menggunakan karena game hanya membuang-buang waktu mereka dan bisa melalaikan kewajiban.

          Kesimpulan yang saya ambil dari pengamatan tentang pandangan para remaja terhadap game adalah tidak semua remaja menganggap game sangat menyenangkan. Tidak sedikit juga yang menganggap game adalah sebuah hal yang sia-sia. Dampak negatif menggunakan game adalah susah berkonsentrasi, kurangnya bersosialisasi, sulit berekspresi dan berinteraksi. Adapun dampak positif menggunakan game adalah berkembangnya kemampuan, mengalihkan perhatian, dan lebih berkonsentrasi [https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5088672919890896080#editor/target=post;postID=6691883257020735413]. Kita harus bisa memilah dan memilih, mana yang benar dan mana yang salah. Selama semua itu tidak melalaikan kewajiban dan tidak lupa waktu maka baik saja dilakukan. Namun apabila sebaliknya, lebih baik di tinggalkan. Kaerena masih banyak pekerjaan bermanfaat yang masih harus dikerjakan.

Sumber : https://books.google.co.id/books?id=LruPW7G0BzUC&pg=PA4&dq=dampak+game+online&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=dampak%20game%20online&f=false

Tidak ada komentar:

Posting Komentar