Laman

Minggu, 04 Juni 2017

UAS

Inter-Relasi
A: Toleransi
B: Agama
C: Islam
D: Surat Al-Kafirun

Pokok Pikiran Paragraf
1. Penjelasan tentang toleransi
2. Contoh sikap toleransi
3. Pentingnya sikap toleransi
4. Upaya yang dilakukan untuk selalu bersikap toleran
5. Toleransi dalam UUD 1945
6. Toleransi dalam pandangan islam
7. Sikap toleransi menurut surat al kafirun

Toleransi dalam QS. Al-Kafirun

    Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat. Istilah toleransi mencakup banyak bidang. Salah satunya adalah agama. Toleransi Beragama merupakan sikap saling menghormati dan menghargai penganut agama lain. Diantaranya adalah: 
a. Tidak memaksakan orang lain untuk menganut agama kita.
b. Tidak mencela/menghina agama lain dengan alasan apapun.
c. Tidak melarang ataupun mengganggu umat agama lain untuk beribadah sesuai agama/kepercayaannya. (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Toleransi)
    Contoh sikap toleransi adalah saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Jika ada sesorang yang butuh bantuan kita harus membantunya tanpa melihat fisik nya, tanpa melihat kaya atau miskin, tanpa melihat agama seseorang itu. Karena sejatinya manusia sama di mata Tuhan. Jadi berbuat baik kepada sesama makhluk hidup. Karena makhluk hidup, hidup saling membutuhkan satu sama lain. Namun, ada juga sikap toleransi yang tidak di perbolehkan, tidak patut di tiru dan di contoh yaitu sikap toleeansi yang negatif. Seperti bekerja sama untuk saling mencontek, bekerja sama untuk mencuri. 
    Sikap toleransi sangat penting bagi kita. Karena dengan toleransi, kita bisa saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Dengan toleransi, manusia bisa hidup dengan damai antara umat beragama, keberagaman suku dan budaya. Jadi kita harus bersikap toleran kepada siapapun. 
    Selalu bersikap baik kepada sesama umat manusia. Tanpa harus bilang "Dia kan agamanya tidak sama dengan saya", "Dia kan jahat dengan saya". Kita harus profesional. Bersikap toleran tanpa mencampur tangan kan urusan pribadi.
    Seperti pada Pasal 29 Ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan, “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.” (https://www.google.co.id/amp/m.republika.co.id/amp_version/ol9ec0408) Dari UUD tersebut di jelaskan bahwasannya sikap toleransi itu sangat penting. Dengan tidak memaksakan agama lain untuk mengikuti agama kita. Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama islam. Dengan itu kita tidak boleh mengatakan "Indonesia kan mayoritas muslim. Jadi muslim lebih berkuasa di Indonesia." Karena itu akan membuat agama lain tersinggung dan memandang orang muslim dengan sebelah mata.
    Di al-qur'an dan hadist banyak sekali menyebutkan bahwa agama islam adalah agama yang peduli terhadap sikap toleransi. Seperti pada QS. Al-Baqarah ayat 256 yang berbunyi "Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."(https://tafsirq.com/2-al-baqarah/ayat-256)
    Allah SWT berfirman, "Katakanlah: 'Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku" (QS Al-Kafirun). Dalam surat al-kafirun juga di jelaskan tentang penting nya toleransi. Lebih tepatnya pada ayat terakhir surat al-kafirun. Di ayat terakhir surat al-kafirun di jelaskan "untukmu agamamu dan untukku agamaku" dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa toleransi sangat penting. Tidak ada paksaan bagi umat manusia dalam memilih suatu agama. Mereka mempunyai hak untuk memilih agama uang terbaik menurut mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar